AKREDITASI RSU BANTEN

06 Dec 2016, 337 Views

-

AKREDITASI RSU BANTEN

MENUJU RUMAH SAKIT YANG ANDAL DAN TERPERCAYA

 

 

Rumah Sakit Umum Banten merupakan institusi pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang ada di Provinsi Banten dan resmi beroperasi pada tahun 2013. Sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat RSU Banten memiliki peran yang sangat strategis dan berperan dalam meingkatkan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Banten.

Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan,  RSU Banten pada tanggal 29 November sampai dengan tanggal 1 Desember tahun 2016 telah melaksanakan akreditasi oleh lembaga independen yang ditunjuk oleh Kementrian Kesehatan RI yaitu melalui Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Dasar pelaksanaan akreditasi RSU Banten berdasarkan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit pasal 29 huruf b yang menyebutkan bahwa rumah sakit wajib memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, anti diskriminasi dan efektif dengan mengutamakan kepentingan pasien sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit, kemudian pada pasal 40 ayat 1 disebutkan bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali. Dari kedua undang-undang tersebut dapat disimpulkan bahwa akreditasi rumah sakit sangat penting untuk dilakukan agar mutu dan kualitas diintegrasikan dan dibudayakan kedalam sistem pelayanan rumah sakit.

Akreditasi merupakan suatu proses pengakuan yang diberikan kepada rumah sakit dalam rangka peningkatan nilai mutu dengan keberhasilan suatu rumah sakit dalam memenuhi standar pelayanan rumah sakit.

Adapun tujuan dan manfaat akreditasi rumah sakit adalah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit yang berorientasi kepada peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

Akreditasi rumah sakit umum Banten yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dihadiri oleh surveior dari KARS yaitu Dr.drg.Sudibyo,M.Kes sebagai ketua, dr.H.Suparimbo Soepadi,Sp,OT dan Juva Manurung,SKP,MKM dengan menggunakan versi 2012 yang terdiri dari 15 bab, 323 standar dan 1237 Elemen penilaian dengan berorientasi pada 4 (empat) kelompok standar pelayanan yaitu :

  1. Kelompok standar pelayanan berfokus kepada pasien
  2. Kelompok standar manajemen RS
  3. Kelompok standar sasaran keselamatan pasien
  4. Kelompok standar sasaran Millenium Development Goals (MDG,s)

Kegiatan akreditasi resmi dibuka oleh Direktur RSU Banten drg.Dwi Hesti Hendarti,M.Kes dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa akreditasi RSU Banten dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien di RSU Banten menuju Rumah Sakit yang andal dan terpercaya, ramah dan amanah dengan senantiasa menerapkan nilai-nilai budaya yang ada di RSU Banten yaitu B- OPAL yaitu Bangkit, Obyektif, Profesional dan Loyal dengan senantiasa menjaga semangat kebersamaan dan komitmen disemua lini untuk meraih akreditasi paripurna.

Hal inipun senada dengan yang disampaikan oleh Ketua Surveoir Akreditasi dari KARS yaitu Dr.drg.Sudibyo,M.Kes bahwasannya RSU Banten memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi rumah sakit rujukan di Provinsi Banten, dan untuk mencapai itu diperlukan adanya langkah-langkah strategis untuk senantiasa meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan di RSU Banten, salah satunya melalui akreditasi. Dan untuk mewujudkan akreditasi paripurna dibutuhkan komitmen yang kuat dari seluruh jajaran yang ada di RSU Banten untuk senantiasa melaksanakan dan mentaati pedoman dan SOP yang telah dibuat.

Semoga Rumah Sakit Umum Banten akan selalu maju dan mampu memberikan pelayanan yang bermutu tinggi dan profesional sesuai dengan Visi RSU Banten yaitu “Rumah Sakit Yang Andal dan Terpercaya”.

RSU Banten “Kita Bangkit, Harus Bangkit, Pasti Bangkit”.

                         

 

 

 

Artikel Terkait

-

Direktur Rsud Banten

01 Aug 2015, 2.811 View

Direktur RSUD Banten drg. Dwi Hesti Hendarti, Mkes... Read More