Edukasi Hipertensi, Hand Hygiene dan Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan RSUD Banten

Edukasi Hipertensi, Hand Hygiene dan Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan RSUD Banten

Instalasi Humas Promkes RSUD Banten melaksanakan penyuluhan kolaboratif bersama dengan Komite PPI dan Gizi memberikan edukasi mengenai Penyakit Hipertensi, Hand Hygiene dan Pendaftaran Online kepada pasien rawat jalan, bertempat di ruang pendaftaran gedung Garuda pasien rawat jalan RSUD Banten, pada rabu, 29 Juni 2022.

Hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah berada di angka 130/80 mmHg atau lebih. Jika tidak segera ditangani, hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit serius yang mengancam nyawa, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke.

Hipertensi bisa diatasi dengan menjalani pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, menghentikan kebiasaan merokok, dan mengurangi konsumsi minuman berkafein. Namun, jika tekanan darah sudah cukup tinggi, pasien juga diharuskan mengonsumsi obat antihipertensi. Untuk mencegah tekanan darah tinggi, lakukan olahraga secara rutin, jaga berat badan agar tetap ideal, konsumsi makanan sehat, kelola stres, dan cukup tidur.

Dalam memberikan edukasi, Tim Humas Promkes bekerjasama dengan Instalasi gizi yang pada kesempatan ini menerjunkan para mahasiswa magangnya untuk ikut memberikan edukasi gizi kepada pasien RSUD Banten.

Selain edukasi mengenai Penyakit Hipertensi, penyuluhan kolaboratif ini juga memberikan edukasi tentang pentingnya hand hygiene dengan cara disiplin cuci tangan yang baik dan benar. Di akhir sesi penyuluhan, disampaikan mengenai Tata Cara Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan di RSUD Banten baik melalui WA ke 087778000127 maupun melalui aplikasi e-Reservasi RSUD Banten atau Mobile JKN bagi pasien BPJS yang dapat diunduh di aplikasi Play Store Android. Diharapkan dengan menggunakan pendaftaran online, pasien dapat lebih mudah berobat ke RSUD Banten tanpa berlama-lama mengantre. 

-Humas Promkes-

Share :