Launching Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response BPJS Kesehatan di RSUD Banten

Sumber Gambar :

BPJS Kesehatan Cabang Serang meresmikan Loket Pelayanan Informasi (PIN) BPJS Kesehatan di RSUD Banten, pada Jumat, 29 September 2023. Kegiatan launching Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Direktur RSUD Banten, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang, Kepala DP3AKB Provinsi Banten, Ketua Arsada Banten, Perwakilan Ombudsman Banten dan Jajaran Struktural Manajemen RSUD Banten.  Penyediaan loket merupakan bentuk komitmen BPJS untuk menjawab kebutuhan peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang, Dasrial, SE, Ak, M.Si, AAAK bahwa salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Petugas RS yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi SIPP.  Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai dengan adanya signage (papan petunjuk). Lokasi loket diprioritaskan berada pada area di RS yang mudah terlihat dan diakses peserta. Selain itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN. POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan, SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat. Sementara itu, Direktur RSUD Banten, dr Danang Hamsah Nugroho, M.Kes mengatakan, dengan diluncurkan Loket Pelayanan Informasi dan POROS diharapkan dapat memudahkan peserta BPJS Kesehatan untuk mendapatkan informasi dan mengakses layanan pengaduan peserta di rumah sakit. Selain itu, tentunya ini merupakan upaya untuk melakukan transformasi layanan sehingga memudahkan pasien mendapatkan informasi dan pelayanan yang mudah dan setara untuk semua pasien BPJS Kesehatan. 


Share this Post